Perjalanan Impian Bersama Salju di Jepang

Salju, bisa bersama dengannya mungkin sebuah mimpi bagi saya yang tinggal di negara tropis dengan dua musim. Seringkali saya bertanya-tanya bagaimana rasanya bila berada di antara dinginnya salju. Pertanyaan itu kadang membuat saya ingin segera pergi liburan ke negara empat musim dan merasakan dinginnya salju. 

Tapi, nampaknya itu semua cuma mimpi. Ya, lebih baik saya tidur dan menikmati mimpi itu setelah tidur.

 (Sumber : Dok Pribadi )
" Bangun...! Hey Bangun !"

Sayup-sayup saya mendengar suara itu dan...

 (Sumber : Dok Pribadi )

Liburan musim dingin yang saya idam-idamkan ternyata ada di depan mata.

 (Sumber : Dok Pribadi )
Dilihat dari segi jarak, Jepang dan Indonesia tidak terpaut cukup jauh dibandingkan jika ingin menikmati salju di negara dengan empat musim lainnya. Maka dari sisi biaya perjalanan, tidak akan memangkas dalam-dalam budget yang ada.

Jepang juga adalah negara dengan segala kemudahan dari teknologi yang mereka kembangkan. Sesampainya disana tak perlu takut untuk kesulitan transportasi atau komunikasi karena semua sudah memadai, mulai dari transportasi massal hingga koneksi internet di berbagai penjuru kota.

Poin penting mengapa negara ini menjadi destinasi pilihan untuk menghabiskan liburan musim dingin, adalah karena Jepang adalah salah satu negara yang selalu mengedepankan kultur dan budaya asli mereka disetiap waktu mulai dari gaya berpakaian hingga kuliner.  Begitupun di musim salju ini. Musim salju dapat dinikmati dengan perpaduan kultur asli Jepang yang sangat menarik, jadi tak hanya sekedar melihat salju turun dan merasakan suhu nya yang dingin tapi juga bisa menikmati atmosfir yang berbeda dan tak terlupakan. Nilai tambah sisi Kultur inilah yang selalu jadi kekaguman saya terhadap negeri matahari terbit ini.

 (Sumber : Dok Pribadi )
Tokyo Rail Days adalah trip singkat dengan kereta yang berangkat dari Tokyo. Terdapat berbagai produk yang bisa dipilih yang di dalamnya termasuk biaya kereta dan rencana aktifitas di tempat wisata. Maka dari itu bepergian dengan Tokyo Rail Days bisa menghemat anggaran wisata. Yang hebatnya lagi, sangat mungkin bagi kita untuk memesan terlebih dahulu tiket dan paket dari Indonesia sebelum pergi ke Jepang.

Stress-free! Easy Buy! Easy Try! Easy Go!

(Sumber : Link )

Tokyo Rail Days sendiri berdiri dibawah naungan East Japan Railway Company (JR EAST) yang menyediakan jelajah layanan untuk daerah Jepang Timur. Ada 1689 stasiun dengan 70 jalur dan 16.59 juta pengguna setiap harinya di JR East Ini.
Kalaupun ingin bepergian ke bagian Jepang lain, kita bisa menggunakan produk sejenis JR East keluaran  Japan Rail Days seperti Japan Rail Pass. Dengan membayar sekitar 29000 Yen kita sudah bisa mengakses berbagai daerah bebas selama 7 hari menggunakan kereta modern termasuk kereta tercepat shinkansen.


 (Sumber : Dok Pribadi )
Jika sudah sampai di Jepang nanti, tentu saya tak ingin hanya duduk di dekat penginapan dan melihat salju turun. Ada banyak tempat yang menawarkan atmosfir musim salju yang tak terlupakan di Jepang. Saya tinggal memilih jenis wisata mana yang terlebih dahulu ingin dilakukan.

Menikmati salju di alam terbuka adalah jenis wisata utama yang harus dilakukan di musim dingin. Jepang menawarkan keindahan alam terbuka nan fantastis yang diselimuti salju di tempat-tempat berikut. Tak hanya menikmati salju di alam terbuka, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana dan fasilitas yang ada. Jenis wisata ini pasti akan jadi yang pertama saya pilih di Jepang.

 1. Gala Yuzawa

Gala Yuzawa adalah sebuah resort yang terletak di Perfektur Niigata, sekitar 200 kms dari utara Tokyo. Resort ini bukan resort biasa, karena disini kita disuguhkan hamparan salju dan tebing salju yang amat luas dan memukau. Sejauh mata memandang anda akan disuguhi suasana putih dan dinginnya salju dibawah langit terbuka.

Hamparan Salju menakjubkan (Sumber : Link )


Fasilitas Ski adalah menu andalan dari Gala Yuzawa. Untuk bermain Ski, kita cukup perlu membeli ski pass yang tersedia di kisaran 4600 Yen dan selanjutnya kita bisa bermain ski sesuka hati selama satu hari penuh. Kita bisa meluncur dari ketinggian 1180 meter menuju ketinggian 358 meter. Tak perlu mendaki untuk sampai ke puncak peluncuran karena disana disediakan Gondola yang mengantar ke puncak tertinggi. Dari Gondola ini juga kita bisa melihat pemandangan hamparan salju dan lereng gunung yang begitu indah.

Nikmati waktu Ski (Sumber : Link )


Panjang lintasan Ski yang disediakan berbeda tergantung kelas kemampuan. Untuk pemula disediakan lintasan salju dengan panjang 100 m, sedangkan bagi mereka yang sudah ahli, ada lintasan dengan panjang 750 sampai 1600 m.

Peralatan Ski juga tersedia dan tentunya peralatan Ski terbaru dan terbaik, dapat dibeli atau dipinjamkan. Jika kesulitan untuk bermain Ski pun, Gala Yuzawa menyediakan kelas belajar Ski dengan pelatih yang terampil dan ahli. Harga kelas ini berkisar pada 5000 Yen sampai 35000 Yen.

Di Gala Yuzawa, terdapat penginapan bernama Shosenkaku-Kagetsu yang memiliki empat jenis pemandian air panas sehingga Anda dan kita bisa menghangatkan diri setelah seharian bermain di Gala Yuzawa Ski Resort sambil memakan makanan yang nikmat.

Untuk menuju Gala Yuzawa tidaklah sulit. Akses dari Haneda, kita bisa mengambil Narita Express menuju Stasiun Tokyo. Lama perjalanan sekitar 30 menit. Di stasiun Tokyo, ikuti tanda Joetsu Shinkansen dan naik kereta bernama Tanigawa. Lama perjalanan sekitar 77 menit, dengan kereta shinkansen tercepat ini. Perjalanan diakhiri langsung di Stasiun Gala Yuzawa.

Peta Jalur Menuju Gala Yuzawa (Sumber : Link )
2. Tateyama Kurobe Alpine Route

Tateyama Kurobe Alpine Route adalah rute perjalanan yang disebut juga "Roof of Japan". Rute ini melewati berbagai pemandangan menakjubkan dari Gunung Tateyama. Rute ini dilewati berbagai kendaraan dengan pergantian ketinggian mencapai 2400 meter dari perfektur Toyama menuju Perfektur Nagano.

Pemandangan yang disuguhkan adalah hamparan pegunungan salju yang luas layaknya pegunungan Alpen. 
Pegunungan Salju (Sumber : Link )
Ada juga lajur dinding es yang membuat kita serasa berada didalam labirin yang terbuat dari Es. 

Koridor Salju (Sumber : Link )

Bendungan Kurobe juga salah satu daya tarik ditempat ini. Bendungan raksasa ini sungguh menakjubkan dengan pelangi yang senantiasa berhias di air terjunnya.
Bendungan Kurobe (Sumber : Link )
Untuk mencapai tempat ini kita bisa menaiki JR Hokuriku Shinkanshen dari Tokyo menuju Toyama. Perjalanan menghabiskan waktu 130 sampai 160 menit. Harga tiket berkisar 12500 Yen, tapi jika kita memiliki Japan Rail Pass tentu saja tidak perlu membayar lagi.

3. Jigokudani Yaen Kōen

Jigokudani Yaen Kōen terletak di Yamanouichi Perfektur Nagano. Taman ini merupakan bagian dari Taman Nasional Joshinetsu Kogen atau dikenal juga sebagai Shigakogen. Nama Jigokudani itu sendiri berarti "Lembah Neraka", karena banyaknya uap dan air panas yang mendidih dari celah-celah retakan di tanah bekunya, ditambah dengan curamnya lembah, dinginnya udara, dan bahaya hutannya.

Pemandian Terbuka bersama monyet salju (Sumber : Link )

Maka di tempat ini kita bisa menikmati sensasi berendam uap air panas ditengah dinginnya salju. Uniknya, disini kita akan berkumpul bersama monyet-monyet salju. Monyet-monyet ini turun ke lembah untuk mencari kehangatan selama musim dingin di onsen (sumber air panas) yang terletak di dasar lembah, dan pulang kembali ke dalam hutan jika malam sudah tiba.

 Untuk mencapai tempat ini kita bisa naik kereta menuju stasiun Yudanaka. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus lokal menuju lokasi sekitar 7 menit.

4. Zao Onsen

Daerah Zao Onsen merupakan sumber air panas  dan resort ski di pegunungan Yamagata. Bukan hanya bermain ski dan menikmati sumber air panas, para wisatawan yang datang ke Zao Onsen bisa melihat “monster salju” yang muncul di setiap musim dingin. “Monster salju” merupakan fenomena yang unik dimana pohon-pohon cemara berubah bentuk menyerupai monster karena tumpukan es dan salju. Tetesan es dan salju serta tiupan angin membuat pohon-pohon cemara di tempat ini memiliki bentuk aneh seperti monster salju.

Monster Salju (Sumber : Link )


Selama bulan Desember dan Januari pohon-pohon mulai terbentuk seperti “ekor udang” dan pada puncak musim dingin pada bulan Januari hingga Maret pohon-pohon mulai terbentuk seperti monster salju. Pada malam hari, lampu-lampu penuh dengan warna menerangi para monster salju ini dan membuat para monster salju ini terlihat lebih nyata.

Kita bisa menikmati pemandangan menakjubkan ini dari atas dengan menaiki kereta gantung yang tersedia.

Untuk mencapai tempat ini kita bisa menggunakan Shinkansen mencapai stasiun Yamagata. Dari stasiun Yamagata masih berjarak 18 Km dapat ditempuh dengan bis.

 5. Ryuhyo - Drift Ice

Di sekitaran daerah Abashiri, setiap tahunnya menerima jumlah es paling besar dan kita bisa menyaksikan es tersebut mengambang sepanjang laut pasifik. Es berasal dari Sungai Amur di Rusia hingga mencapai Hokkaido, yang terjadi biasanya pada pertengahan Januari hingga awal Februari kemudian menghilang lagi sekitar pertengahan Maret hingga pertengahan April.

Es mengambang di lautan ( Sumber : Link )
Kita dapat bergabung dalam pelayaran dari Abashiri untuk melihat es mengambang dari dekat ini.

(Sumber : Dok Pribadi )
Banyak Festival Musim Dingin di Jepang yang menarik untuk disaksikan. Di Festival ini, salju tak hanya dapat dinikmati sebagai fenomena alam tapi juga sebagai karya seni yang mengagumkan.

Pada Festival Salju ini, biasanya para Seniman Jepang akan menyulap salju menjadi karya seni pahatan berbagai bentuk yang menakjubkan yang dipadukan dengan ornamen pencahayaan yang fantastis. Saya tak akan melewatkan beberapa festival salju berikut ini.


1. Sapporo Yuki Matsuri

Sapporo yang terkenal dengan kuliner dan saljunya ini setiap tahun menyelenggarakan sebuah festival unik yang disebut Sapporo Yuki Matsuri (Festival Salju Sapporo). Festival yang digelar setiap Bulan Februari ini sangat terkenal di Jepang bahkan juga dikenal di mancanegara. Di festival ini bisa disaksikan ribuan patung salju dengan detil dan bentuk yang mengagumkan. Patung-patung salju tersebut diletakkan di panggung utama di Odori Park, ada juga patung-patung salju kecil disepanjang daerah Susukino. Kita juga bisa menikmati wahana salju seperti seluncuran salju dan perang Salju di Tsudome.


Patung Salju Tokoh Kartun (Sumber : Link)

Perpaduan Salju dan Cahaya (Sumber : Link)

2. Ashikawa Winter Festival

Sama-sama berada di Hokaido, Ashikawa Winter Festival juga menawarkan keindahan pahatan salju dan perpaduannya dengan cahaya. Pusat kegiatan berada di taman Tokiwa, yang juga terdapat di dalamnya festival laser dan kembang api.
Keindahan Festival di Malam Hari ( Sumber : Link )

Keindahan Festival Salju di Siang Hari (Sumber : Link )



3. Yokote Kamakura Festival

Jika ingin merasakan sensasi tinggal di rumah Salju, maka festival di Akita inilah jawabannya. Di Yokote Kamakura festival didirikan sekitar 40 rumah salju dengan tinggi sekitar 3 meter dan diameter sekitar 3,5 meter. Rumah salju ini didirikan untuk mengatasi tumpukan salju setiap tahunnya. Didalamnya dinyalakan lilin untuk menambahkan suasana hangat dan keindahan pada salju itu. Biasanya di dalam rumah salju pengunjung bisa  minum Amazake dan makan kue mochi yang hangat.

Rumah Salju dan Cahaya Lilin ( Sumber : Link )
Nikmati Tinggal Di dalam rumah salju (Sumber : Link )
Nikmati Mochi ( Sumber : Link )

Sumber : Dok Pribadi


Jepang punya kuliner khas di setiap musim yang datang, misalnya musim dingin bersalju ini. Tentu berbagai jenis makanan yang dapat menghangatkan tubuh sangat digemari. Biasanya hidangan ikan dan lobak mendominasi musim ini.

Jika sampai di Jepang nanti, makanan berikut pasti sangat nikmat untuk menemani suasana dinginnya salju di Jepang.

1. Tori Zosui

Tori Zosui ( Sumber : Link )
Di negara Jepang ada sajian bubur khas musim dingin yang bernama ‘Tori Zosui’. Makanan ini merupakan makanan olah nasi yang mirip dengan bubur ayam khas Indonesia, namun disajikan seperti sajian sup nasi yang dimasak dengan potongan ayam dan disajikan selagi masih panas.

2.Yosenabe

Yosenabe ( Sumber : Link )
Yosenabe adalah sup yang berisi sayuran, udang, ayam, jamur yang dimasak dan disantap langsung di atas hotpot. Kuah sup yang dibuat dari kaldu daging ayam atau kaldu seafood dapat menghangatkan tubuh. Kegiatan makan di atas hotpot ini juga dapat mempererat kebersamaan lho.

3. Ramen

Ramen ( Sumber : Link )

Ramen adalah sajian mie dan kuah pedas khas Jepang yang sangat terkenal di penjuru dunia. Rasa kuah ramen yang lezat, pedas dan hangat ditambah mie yang kenyal, mampu menambah kenikmatan musim dingin di Jepang.

4. Yudofo

Yudofo ( Sumber : Link )


Yudofo artinya tofu hot spot, yaitu sajian sup tahu lembut yang dimasak dengan kuah kaldu dan beragam sayuran dan disajikan dalam keadaan panas. Untuk menambah kenikmatan biasanya yudofo akan disajikan dengan tambahan saus ponzu atau yuzu kosho. Saus ini terbuat dari bubuk cabai dan kulit jeruk serta garam.

5. Odeng

Odeng ( Sumber : Link )
Odeng adalah jajanan yang paling sering dijumpai di jalan ketika musim dingin tiba. Odeng merupakan bola ikan yang ditusuk lalu direbus dan disajikan dengan kuah kaldu yang panas. Didalamnya juga di tambahkan lobak dan daun bawang. Seiring perkembangan jaman, Odeng juga ada yang dibumbui dengan mustard dan mayonaise.

6. Kuzuyu

Kuzuyu (Sumber : Link )
 Kuzuyu adalah minuman yang hangat, manis, dan kental yang biasanya diperlukan untuk melegakan hidung tersumbat,sakit tenggorokan dan menghangatkan tubuh. Minuman hangat ini terbuat dari campuran madu dan bubuk kudzu yaitu salah satu jenis herbal yang mempunyai kadar isoflavon mencapai 12% sehingga baik untuk kesehatan. Minuman ini dapat ditemukan dalam beberapa varian rasa seperti jahe, teh hijau, dan gula hitam.

Sumber : Dok Pribadi
Sumber : Dok Pribadi

Baiklah ini mungkin kesempatan saya untuk bisa pergi menikmati liburan musim dingin impian ke Jepang. Semoga saya beruntung.

Sumber : Dokumen Pribadi


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
GALA YUZAWA




Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. Jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang.



Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi:




Facebook page:    https://www.facebook.com/id.jprail



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 
Kunjungi Juga :

JR East (Tokyo Rail Days) Official Website

berpartisipasi dalam “My Ideal Japanese Winter Vacation” Blog Competition [6]

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Referensi :

Website dan Koran Halo Jepang
Website Japan Station
Website Wikipedia

Referensi Gambar Tercantum. Hak cipta gambar dimiliki oleh kreator masing-masing.

6 Komentar

  1. Semoga ica bisa pergi ke Jepang, aamiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Hapus
  2. Japan i am in love ♡

    good luck Annisa. Terima kasih sudah duluan mampir.. (beebalqis.blogspot.com)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama